Dinas Perhubungan Kota Surakarta kembali mengadakan pelatihan Training of Trainer (ToT) Dolanan Lalu Lintas dan Sinau Keselamatan lan Ketertiban atau Dalan Slamet, kepada para para Guru. Kali ini ToT dilaksanakan di SD Negeri Sriwedari, Jl. Kebangkitan Nasional No. 23, Kamis (8/4).

Juminten, S.Pd., Kepala SD Negeri Sriwedari, dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada Dishub Kota Surakarta yang telah memberikan kesempatan kepada para Guru untuk mengikuti pelatihan ToT Dalan Slamet. Beliau berharap semoga materi pelatihan dapat bermanfaat dan bisa diaplikasikan kepada murid-murid nantinya.

Kasi Bimbingan dan Keselamatan Lalu Lintas, Agus Dwiyanto, dalam paparan materi awal mengenai Lalu Lintas dan perilaku berkeselamatan, mengingatkan bahwa kecelakaan lalu lintas terbesar masih didominasi oleh para pelajar. Perilaku naik motor secara ugal-ugalan di jalan atau bergaya naik motor untuk konten media social yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya kecelakaan mengharuskan kepada orang tua dan juga guru untuk mengimbau anak-anaknya yang belum genap 17 tahun atau belum memiliki SIM untuk tidak naik Sepeda motor terlebih dahulu, karena masih kurangnya Kontrol emosi dijalan.

“Sebaiknya anak-anak yang belum cukup umur, menggunakan sepeda atau naik angkutan umum seperti Bus Batik Solo Trans (BST) atau angkot feeder, karena malah lebih aman, nyaman, dan selamat”, tutur Agus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *