Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta kembali gelar kegiatan Pembinaan kepada Petugas Parkir, yang dilaksanakan di beberapa lokasi parkir di Kota Surakarta. Giat kali ini diselenggarakan di Jalan Adi Sucipto tepatnya di depan Superindo, kemudian di depan RS. Mata, dan di Jln Duwet tepatnya di warung Ayam Kampus, Jum’at (7/5).

Agus Purnomo selaku Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Bidang Perparkiran, menyampaikan Kegiatan pembinaan petugas parkir merupakan kegiatan rutin yang melibatkan petugas dari Denpom IV/4, Sat Sabhara, Binmas, Kejaksaan Negeri dan Satpol PP Kota Surakarta. Dalam pembinaan ini, materi yang diberikan antara lain pelaksanaan Prosedur tetap kepada Petugas Parkir (memakai seragam, KTA, karcis serta wajib membawa KTA), petugas juga memberikan imbauan kepada para petugas parkir untuk senantiasa tertib dan mematuhi selalu Protokol kesehatan untuk menekan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Disamping itu kami juga menegaskan kepada para petugas parkir bahwa dalam bulan suci ramadhan atau lebaran nanti tidak ada tarif khusus lebaran, tarif kami tekankan tetap sesuai dengan zonasi. Para petugas tidak boleh menarik tarif parkir tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, tegas Agus.

Dinas Perhubungan kembali melaksanakan giat Operasi Gabungan parkir yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perparkiran, Henry Satya Negara, pada Sabtu (08/05).

Henry menyampaikan, Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bidang Perparkiran dalam memantau perparkiran di Kota Surakarta. Menurut Henry semakin mendekati Hari Raya Lebaran, permintaan parkir di pusat kegiatan Kota Surakarta pasti mengalami peningkatan.

Adapun lokasi yang menjadi fokus giat operasi gabungan yaitu lokasi parkir jalan Sutawijaya, parkir Luwes Kestalan, parkir Luwes Nusukan dan pasar ikan Balekambang.

Dalam giat Operasi Gabungan ini ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya petugas parkir yang tidak mengenakan seragam, atribut petugas parkir yang tidak lengkap, serta petugas yang lalai menerapkan protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker.

Selain melaksanakan pemantauan parkir, giat Operasi Gabungan ini juga dilakukan untuk menindaklanjuti aduan masyarakat mengenai penataan parkir yang memakan badan jalan dan aduan pelanggaran kendaraan Roda 4 yang melawan arus di jalan Sutawijaya.

Dalam giat Operasi Gabungan ini instansi yang turut serta diantaranya petugas Denpom IV/4, Satlantas Polresta Surakarta, Sat Resmob, Sat Binmas, Kejaksaan Negeri, serta Satpol PP kota Surakarta. Diharapkan dengan adanya giat rutin ini, masyarakat Surakarta semakin tertib dalam menaati aturan dan kebijakan perparkiran yang berlaku.

Dinas Perhubungan Kota Surakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta melaksanakan Vaksinasi Covid-19 kepada 422 petugas parkir berusia lanjut usia (lansia), di sejumlah Rumah Sakit di Kota Surakarta, Rabu (28/4).

Kepala Bidang Perparkiran, Henry Satya Negara, menyampaikan kegiatan ini merupakan hasil koordinasi antara Dinas Perhubungan Kota Surakarta dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Petugas parkir lansia menjadi fokus yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 karena petugas parkir merupakan personel yang sering berinteraksi dengan masyarakat luas, padahal para jukir ini berusia 50 tahun ke atas sehingga sangat rentan tertular maupun menularkan Covid-19.

Henry menambahkan, dengan dilakukannya vaksinasi Covid-19 ini, tentunya petugas parkir lansia dapat memberikan pelayanan parkir yang prima kepada pengguna jasa parkir di Kota Surakarta.