Dinas Perhubungan Kota Surakarta melakukan perawatan alat uji kelaikan kendaraan bermotor bersama dengan perusahaan rekanan yang bertanggung jawab atas pekerjaan itu, Minggu (25/4).

Plt Kepala Bidang Pengujian dan Perbengkelan, Harun Alrosyid , Mewakili Kadishub Surakarta, Drs.Hari Prihatno, menyampaikan perawatan alat uji kelaikan kendaraan bermotor ini bertujuan untuk optimalisasi keakuratan kinerja mesin pengujian untuk memperoleh hasil uji berkala yang berkeselamatan.

Perawatan alat uji kendaraan bermotor ini dilakukan di ruang gedung uji Dishub Surakarta. Perawatan alat uji di line 1 dan line 2 dilakukan oleh perusahaan rekanan, dilakukan pada hari libur supaya tidak menganggu pelayanan uji kelaikan kendaraan.

Dinas Perhubungan Kota Surakarta melakukan pengarahan dan pembinaan pengemudi bus Batik Solo Trans bersama instansi terkait di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi.

Acara berlangsung selama 2 hari, Kamis-Jum’at (22-23/4) dan sekitar 240 pengemudi dalam 2 kloter mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini banyak ilmu baru yang diberikan kepada peserta terkait keselamatan lalu lintas dan menekankan kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP). Diharapkan, nantinya selain berguna bagi pengemudi itu sendiri, juga akan diteruskan ke rekan dan keluarga melalui pengarahan dan pembinaan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Surakarta, Hari Prihatno, menjelaskan Dishub akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terkait keselamatan lalu lintas, kepatuhan Standar Operasional Prosedur (SOP), kepada operator angkutan dan para pengemudi bus Batik Solo Trans dengan harapan semua komponen yang terlibat dalam pengembangan transportasi di Kota Surakarta bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Narasumber yang hadir terdiri dari Satlantas Polresta Surakarta, PT BST, Akademisi UNS, PT Surveyor dan pegiat masyarakat umum. Diharapkan kegiatan ini memberikan feedback positif untuk meningkatkan layanan penumpang dan keselamatan jalan.

Operasi gabungan penertiban parkir liar kembali digelar oleh Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta pada sabtu (24/04) malam.

Dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perparkiran, Henry Satya Negara, operasi ini melibatkan tim gabungan dari Polresta Surakarta terdiri Sat Sabhara, Sat Reskrim, Satlantas, kemudian dari Denpom IV/4, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Asparta dan Satpol PP Kota Surakarta.

Dalam arahannya, Henry mengatakan bahwa fokus operasi malam ini adalah para petugas parkir yang tidak taat protokol kesehatan serta inspeksi terhadap perijinannya.

Hasil operasi gabungan, tim mendapati petugas parkir tanpa seragam di Jl. Jaya Wijaya dan identitasnya disita oleh petugas. Tim juga menemukan mobil yang parkir pada marka zig-zag di Jl. Ronggowarsito dan akhirnya dilakukan tindak penggembokan.