Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta kembali gelar kegiatan Pembinaan kepada Petugas Parkir, yang dilaksanakan di beberapa lokasi parkir di Kota Surakarta. Giat kali ini diselenggarakan di Jalan Adi Sucipto tepatnya di depan Superindo, kemudian di depan RS. Mata, dan di Jln Duwet tepatnya di warung Ayam Kampus, Jum’at (7/5).

Agus Purnomo selaku Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Bidang Perparkiran, menyampaikan Kegiatan pembinaan petugas parkir merupakan kegiatan rutin yang melibatkan petugas dari Denpom IV/4, Sat Sabhara, Binmas, Kejaksaan Negeri dan Satpol PP Kota Surakarta. Dalam pembinaan ini, materi yang diberikan antara lain pelaksanaan Prosedur tetap kepada Petugas Parkir (memakai seragam, KTA, karcis serta wajib membawa KTA), petugas juga memberikan imbauan kepada para petugas parkir untuk senantiasa tertib dan mematuhi selalu Protokol kesehatan untuk menekan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Disamping itu kami juga menegaskan kepada para petugas parkir bahwa dalam bulan suci ramadhan atau lebaran nanti tidak ada tarif khusus lebaran, tarif kami tekankan tetap sesuai dengan zonasi. Para petugas tidak boleh menarik tarif parkir tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, tegas Agus.

Dinas Perhubungan kembali melaksanakan giat Operasi Gabungan parkir yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perparkiran, Henry Satya Negara, pada Sabtu (08/05).

Henry menyampaikan, Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bidang Perparkiran dalam memantau perparkiran di Kota Surakarta. Menurut Henry semakin mendekati Hari Raya Lebaran, permintaan parkir di pusat kegiatan Kota Surakarta pasti mengalami peningkatan.

Adapun lokasi yang menjadi fokus giat operasi gabungan yaitu lokasi parkir jalan Sutawijaya, parkir Luwes Kestalan, parkir Luwes Nusukan dan pasar ikan Balekambang.

Dalam giat Operasi Gabungan ini ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya petugas parkir yang tidak mengenakan seragam, atribut petugas parkir yang tidak lengkap, serta petugas yang lalai menerapkan protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker.

Selain melaksanakan pemantauan parkir, giat Operasi Gabungan ini juga dilakukan untuk menindaklanjuti aduan masyarakat mengenai penataan parkir yang memakan badan jalan dan aduan pelanggaran kendaraan Roda 4 yang melawan arus di jalan Sutawijaya.

Dalam giat Operasi Gabungan ini instansi yang turut serta diantaranya petugas Denpom IV/4, Satlantas Polresta Surakarta, Sat Resmob, Sat Binmas, Kejaksaan Negeri, serta Satpol PP kota Surakarta. Diharapkan dengan adanya giat rutin ini, masyarakat Surakarta semakin tertib dalam menaati aturan dan kebijakan perparkiran yang berlaku.

Dinas Perhubungan Kota Surakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta melaksanakan Vaksinasi Covid-19 kepada 422 petugas parkir berusia lanjut usia (lansia), di sejumlah Rumah Sakit di Kota Surakarta, Rabu (28/4).

Kepala Bidang Perparkiran, Henry Satya Negara, menyampaikan kegiatan ini merupakan hasil koordinasi antara Dinas Perhubungan Kota Surakarta dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Petugas parkir lansia menjadi fokus yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 karena petugas parkir merupakan personel yang sering berinteraksi dengan masyarakat luas, padahal para jukir ini berusia 50 tahun ke atas sehingga sangat rentan tertular maupun menularkan Covid-19.

Henry menambahkan, dengan dilakukannya vaksinasi Covid-19 ini, tentunya petugas parkir lansia dapat memberikan pelayanan parkir yang prima kepada pengguna jasa parkir di Kota Surakarta.

Dinas Perhubungan Kota Surakarta melakukan perawatan alat uji kelaikan kendaraan bermotor bersama dengan perusahaan rekanan yang bertanggung jawab atas pekerjaan itu, Minggu (25/4).

Plt Kepala Bidang Pengujian dan Perbengkelan, Harun Alrosyid , Mewakili Kadishub Surakarta, Drs.Hari Prihatno, menyampaikan perawatan alat uji kelaikan kendaraan bermotor ini bertujuan untuk optimalisasi keakuratan kinerja mesin pengujian untuk memperoleh hasil uji berkala yang berkeselamatan.

Perawatan alat uji kendaraan bermotor ini dilakukan di ruang gedung uji Dishub Surakarta. Perawatan alat uji di line 1 dan line 2 dilakukan oleh perusahaan rekanan, dilakukan pada hari libur supaya tidak menganggu pelayanan uji kelaikan kendaraan.

Dinas Perhubungan Kota Surakarta melakukan pengarahan dan pembinaan pengemudi bus Batik Solo Trans bersama instansi terkait di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi.

Acara berlangsung selama 2 hari, Kamis-Jum’at (22-23/4) dan sekitar 240 pengemudi dalam 2 kloter mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan ini banyak ilmu baru yang diberikan kepada peserta terkait keselamatan lalu lintas dan menekankan kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP). Diharapkan, nantinya selain berguna bagi pengemudi itu sendiri, juga akan diteruskan ke rekan dan keluarga melalui pengarahan dan pembinaan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Surakarta, Hari Prihatno, menjelaskan Dishub akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terkait keselamatan lalu lintas, kepatuhan Standar Operasional Prosedur (SOP), kepada operator angkutan dan para pengemudi bus Batik Solo Trans dengan harapan semua komponen yang terlibat dalam pengembangan transportasi di Kota Surakarta bekerja sama untuk meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Narasumber yang hadir terdiri dari Satlantas Polresta Surakarta, PT BST, Akademisi UNS, PT Surveyor dan pegiat masyarakat umum. Diharapkan kegiatan ini memberikan feedback positif untuk meningkatkan layanan penumpang dan keselamatan jalan.

Operasi gabungan penertiban parkir liar kembali digelar oleh Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta pada sabtu (24/04) malam.

Dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perparkiran, Henry Satya Negara, operasi ini melibatkan tim gabungan dari Polresta Surakarta terdiri Sat Sabhara, Sat Reskrim, Satlantas, kemudian dari Denpom IV/4, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Asparta dan Satpol PP Kota Surakarta.

Dalam arahannya, Henry mengatakan bahwa fokus operasi malam ini adalah para petugas parkir yang tidak taat protokol kesehatan serta inspeksi terhadap perijinannya.

Hasil operasi gabungan, tim mendapati petugas parkir tanpa seragam di Jl. Jaya Wijaya dan identitasnya disita oleh petugas. Tim juga menemukan mobil yang parkir pada marka zig-zag di Jl. Ronggowarsito dan akhirnya dilakukan tindak penggembokan.

Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta kembali gelar kegiatan Pembinaan kepada Petugas Parkir di beberapa lokasi parkir di Kota Surakarta, diantaranya di Jalan Veteran tepatnya di depan Bank Mandiri dan SD Widya Wacana, Setabelan, Jum’at (23/4).

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Bidang Perparkiran, Agus Purnomo, menyampaikan Kegiatan pembinaan petugas parkir merupakan kegiatan rutin dan materi pembinaan antara lain memberikan imbauan kepada para petugas parkir untuk senantiasa tertib dan mematuhi selalu Protokol kesehatan untuk menekan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Disamping itu Dishub juga menegaskan kepada para petugas parkir bahwa nanti ramadhan atau lebaran tiba, tidak ada tarif khusus lebaran, tarif tetap sesuai dengan zonasi. “Para petugas tidak boleh menarik tarif parkir yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, kata Agus.

Dalam kegiatan Pembinaan Petugas Parkir, Dishub menggandeng Instansi lain yaitu dari Denpom IV/4, Binmas Polresta Surakarta, Sabhara Polresta Surakarta, Kejaksaan Negeri dan juga dari Satpol PP.

Dinas Perhubungan Kota Surakarta mengadakan rapat koordinasi terkait Penataan Parkir dan PKL di Jalan Menteri Supeno, Senin (19/4).

Rakor tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Perdagangan Kota Surakarta, perwakilan Satpol PP Kota Surakarta, Paguyuban pedagang di Manahan dan pengelola parkir. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut aduan masyarakat karena adanya penarikan di luar ketentuan kepada PKL musiman yang berjualan pada masa bulan Ramadhan.

Sebagai tindak lanjut nyata hasil rapat tersebut, tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Perdagangan langsung menyisir sepanjang jalan Menteri Supeno setelah rapat koordinasi dilaksanakan. Hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, serta respons cepat tanggap terhadap aduan masyarakat.

Tim Patroli Angkutan Barang Dinas Perhubungan Kota Surakarta melaksanakan Kegiatan Pemantauan Angkutan barang di sepanjang Jl. Gatot Subroto dan Jl. Radjiman. Rabu (21/4).

Kepala Seksi Angkutan Barang, Bambang Budhi Santoso, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan penertiban angkutan barang sebagai wujud antisipasi maraknya angkutan barang yang masuk tanpa surat izin masuk kota.

Bambang menambahkan, dengan adanya patroli ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran angkutan yang masuk kota yang tidak mentaati regulasi yang berlaku.

Dalam kegiatan patroli ini, tim menemukan truck parkir di samping gang (simpang) toko keramik di Jl. Gatot subroto dan truck parkir di bawah rambu larangan parkir di Jl. Radjiman, selain itu, truck ini juga tidak memiliki izin masuk kota.

Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Surakarta kembali melaksanakan Pembinaan kepada para Petugas Parkir, di sejumlah lokasi kantung parkir di Kota Surakarta seperti agenda hari ini, Sabtu (17/4). Pembinaan Petugas Parkir dilakukan di Jl Kapten Mulyadi depan RS Kustati, kemudian di Jln Veteran tepatnya depan Pasar Gading dan Benang Ratu.

Agus Purnomo selaku Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Bidang Perparkiran, menyampaikan pembinaan ini merupakan agenda rutin bidang guna membina dan memberikan arahan pada para Petugas Parkir di lapangan, Tujuannya agar tidak ada lagi pelanggaran, contohnya tidak memakai seragam dan atribut kelengkapan petugas parkir dan menarik tarif parkir tidak sesuai dengan zonanya atau tidak sesuai dengan karcis parkir.

“Disamping itu, mengingat penyebaran Covid-19 masih luas dan tinggi, kami selalu memberikan imbauan kepada para petugas parkir untuk senantiasa tertib dan mematuhi selalu protokol kesehatan sebagai sarana pencegahan penyebaran virus Covid-19, kami juga menegaskan kepada para petugas parkir bahwa nanti Ramadhan atau lebaran tiba tidak ada yang namanya tarif lebaran, tarif tetap sesuai dengan zonasi”, kata Agus mengingatkan.

Dinas Perhubungan menegaskan sekali lagi bahwa para petugas harus memungut tarif para pengguna jasa parkir sesuai dengan zona yang telah ditetapkan, selalu memberi karcis, dan menyesuaikan tarifnya dengan yang tertera di karcis.

“Apabila pengguna jasa terkena tarif progresif, petugas hendaknya tidak segan untuk meminta, dan jangan lupa apabila uang yang diberikan melebihi tarif jangan lupa untuk kembaliannya. Agar para pengguna jasa parkir merasa aman dan nyaman,” terang Agus.

Hari itu, beberapa Instansi yang ikut dalam Giat Pembinaan ini terdiri dari Denpom 4/IV, Binmas Polresta Surakarta, Sabhara Polresta Surakarta, Kejaksaan Negeri, dan juga petugas Satpol PP.